Saturday 6 April 2013

ROAD TO SUMBA

Padang Savana di Kabupaten Sumba Timur


Indonesia memiliki ribuan pulau dari Sabang sampai Marauke, dari pulau Weh sampai pulau Rote. Tak terkecuali pulau Sumba (bukan Sumbawa-NTB) di propinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba terkenal dengan eksotisme budayanya yang masih terkenal kental tak heran pulau ini biasa disebut dengan Tanah Marapu (Marapu : Kepercayaan masyarakat lokal). Namun ada lagi sebutan seperti Pulau Cendana namun sebutan ini seakan musnah seiring hilangnya kayu Cendana di pulau ini. Biasanya orang menyebut Pulau Sandelwood karena Kuda Sumba sering disebut dengan Kuda Sandel (istilah yang merujuk pada Kayu Cendana dimana dalam bahasa Inggris : Sandalwood dan dalam bahasa Belanda : Sandelhout) Bukan hanya itu pulau ini juga disebut dengan pulau Seribu Kubur karena banyaknya makam-makam megah yang menghiasi sekitar area tempat tinggal masyarakat.

Secara geografis pulau Sumba pada umumnya beriklim kering. Pulau Sumba terdiri dari 4 kabupaten yakni Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan menggunakan angkutan umum untuk menyinggahi 4 kabupaten di pulau Sumba.  

Bagi sebagian orang yang hendak mengunjungi pulau Sumba tentu dengan mudah untuk menyambangi pulau ini dengan berbagai transportasi baik darat laut dan udara. Untuk pengunjung yang menggunakan pesawat terbang dapat turun pada 2 bandara yanga ada di pulau sumba yakni  Bandara Umbu Mehang Kunda, Kota Waingapu-Kabupaten Sumba Timur, dan Bandara Tambolaka-Kabupaten Sumba Barat Daya.

Sunset (Kembali Ke Peraduan)


Untuk rute penerbangan ada 2 alternatif untuk masuk di pulau Sumba. Para pengunjung yang berasal dari barat (Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar dll) dapat melalui penerbangan menggunakan pesawat komersil dengan transit bandara Ngurah Rai-Denpasar-Bali atau bandara Eltari-Kupang-NTT (ibu kota provinsi NTT) sebelum landing di bandara Umbu Mehang Kunda,  kota Waingapu-Kabupaten Sumba Timur atau juga di bandara Tambolaka-Sumba Barat Daya.

Hargapun bervariatif tergantung maskapai namun harganya berkisar 1 juta sampai 1,5 untuk penerbangan langsung ke Sumba dari Denpasar atau Kupang.  Para pengunjungpun bisa berhitung dengan budget yang ada kalau seandainya dari Jakarta atau dari kota besar lainya di pulau lainnya. Sebagai Informasi lengkap, harga dapat dicek website maskapai yang melayani penerbangan ke Sumba seperti http://www.merpati.co.id/ http://www.transnusa.co.id/ http://www.lionair.co.id/default.aspx 


Perairan Pulau Sumba-NTT

Namun bagi para traveler sejati yang ingin menikmati serunya perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan sendiri atau angkutan umum pasti akan melakukan empat kali penyeberangan melewati 3 pulau yakni Bali-Lombok-Sumbawa sebelum memasuki pulau Sumba.
Bagi traveler yang telah sampai di ujung timur pulau Jawa (Surabaya) dapat langsung melakukan perjalanan ke pelabuhan Ketapang-Banyuwangi lalu menyeberang ke pelabuhan Gilimanuk-Bali dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Setelah itu lalu melanjutkan perjalanan masuk Kota Denpasar dan terus menuju pelabuhan Padang Bay dimana masih berada di pulau Bali dengan perjalanan 3 - 4 jam.
Setelah sampai di pelabuhan Padang Bay para traveler bisa melanjutkan perjalanan dengan fery penyeberangan menuju pelabuhan Lembar-Lombok Barat dengan waktu sekitar 6 jam.

Dari Lombok Barat lalu menuju pelabuhan Kayangan-Lombok Timur dengan 2 jam perjalanan. Di Lombok Timur traveler mania untuk ketiga kalinya melakukan penyebrangan menuju pelabuhan Poto Tano-Sumbawa dengan waktu tempuh 2 - 3 jam. Membutuhkan waktu lumayan lama sekitar 3 - 4 jam untuk menyusuri perjalanan dari Poto Tano lalu menuju pelabuhan Sape-Bima. Untuk terakhir kalinya para traveler harus menggunakan fery penyeberangan dari Sape menuju pelabuhan Waikelo-Sumba Barat Daya dengan waktu tempuh sekitar 6 - 8 jam.

Seru bukan! Tapi bagi traveler mania ini tentu sebuah tantangan yang tak mau terlewatkan.

Nah ada satu lagi yang bila para traveler ingin terlebih dahulu menyambangi pulau Flores (Labuan Bajo/Kab.Manggarai Barat-Ruteng/Kab.Manggarai-Borong/Kab.Manggarai Timur-Bajawa/Kab.Ngada-Mbay/Kab.Nagekeo-Ende-Maumere/Kab.Sikka-Larantuka/Kab.Flores Timur) dan ingin ke Pulau Sumba. Maka penyeberangan dapat dilakukan dari pelabuahan Aimere-Kabupaten Ngada dengan menggunakan fery penyeberangan dengan waktu tempuh sekitar 7 jam menuju pelabuhan Waingapu-Sumba Timur.

Namun bagi traveler yang telah berada di kabupaten Ende dapat juga menggunakan angkutan Pelni dengan waktu tempuh sekitar 10 jam dari pelabuhan Ipi-Ende. Apabila membawa  kendaraan sendiri dapat juga menggunakan fery penyeberangan dari pelabuhan Nangakeo-Ende dengan waktu tempuh sekitar 9 jam sebelum tiba di Waingapu-Sumba Timur.

Begitu juga bagi para traveler yang telah menyambangi pulau Timor dan terlebih dahulu mmengunjungi beberapa kota seperti  Kupang-Soe-Kefa-Atambua. Ada 2 alternatif yang ditawarkan bagi para traveler. Pertama, bisa menggunakan pesawat udara dengan jadawal penerbangan hampir tiap hari menuju bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu-Sumba Timur dan bandara Tambolaka-Sumba Barat Daya. Kedua, menggunakan angkutan laut layanan ASDP bagi yang membawa kendaraan sendiri atau juga menggunakan layanan transportasi PT. PELNI. Membutuhkan waktu tempuh 24 jam sebelum tiba di Waingapu-Sumba Timur.
Untuk informasi penting tentang jadwal fery penyeberangan bisa langsung kontak di kantor cabang ASDP lewat nomor kontak yang tertera di website http://www.indonesiaferry.co.id/id/contactus/branchoffice Sedangkan untuk informasi kapal PT. PELNI dapat dilihat pada website  www.pelni.co.id

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati perjalanan lewat lautan dapat menggunakan transportasi PT. PELNI (www.pelni.co.id) dari Surabaya para traveler mania dapat langsung ke palabuhan Tanjung Perak lalu akan berlayar menyinggahi pelabuhan Benoa-Bali lalu pelabuhan Lembar atau Ampenan di Lombok lalu menuju Bima dan setelah itu memasuki Waingapu-Sumba Timur. Ongkos untuk satu kali perjalanan ini tak lebih dari 300-500 ribu rupiah. Namun akan memakan waktu hingga 3 hari sebelum tiba di pulau Sumba. 

Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan pada teman-teman petualang, lebih kurangnya silakan mencari informasi dari keluarga atau sahabat yang pernah atau yang tinggal di pulau Sumba atau juga yang ada pada rute-rute perjalanan menuju Pulau Sumba. Jangan lupa mencari informasi lewat internet atau media social yang berhubungan dengan traveling.


Savana Sumba-NTT

4 comments: