Tuesday 2 December 2014

RAKSASA MENYEMBUR “WAIKELO SAWAH”





Mendengar nama NTT pasti akan terbayang daerah yang gersang, kering dan berbatu. Namun bagi beberapa orang Jakarta biasa menyapa NTT dengan Nanti Tuhan Tolong, ya tak bisa disangkal itulah kalimat yang diberikan karena jarangnya pembangunan.
Anggapan itu seakan sirna ketika melihat tempat bernama Waikelo sawah ini yang berada di kabupaten Sumba Barat, NTT.  Aliran air yang keluar dari mulut gua begitu  jernih dan segar seperti raksasa yang menyemburkan air dari dalam mulutnya.

Kolam di dalam gua
Bila kita mendekatkan diri pada mulut gua akan terlihat kolam dalam gua yang besar dengan air yang segar dan jernih. Menurut warga setempat yang tinggal di sekitar gua akan terpampang pemandangan yang menarik ketika sang surya tepat berada di atas kepala. Tak kalah indah pada mulut gua terdapat  stalktit yang terlihat seperti gigi dari raksasa tersebut.

Stalaktit pada mulut Gua

Debit air tak akan berkurang ketika memasuki  kering , karena sumber air dari gua mengaliri sawah di sekitar tempat ini. Menurut saya mungkin ditambahkan kata sawah pada kata waikelo karena banyaknya sawah yang dialiri dari mata air gua waikelo ini.

Hamparan Sawah yang dialiri air dari Gua
Untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit  karena hanya berjarak sekitar tujuh kilo meter dari kota waikabubak, ibu kota kabupaten sumba barat. Bila menggunakan sepeda motor atau ojek dengan biaya yang murah sekitar 30 ribu. Bila ingi mandi jangan lupa sediakan pakian ganti.


Patung Marapu di Tengah Aliran Air

2 comments:

  1. Hallo Abang. Salam kenal.
    Tulisannya menarik sekali. Oia, "Marapu" itu apa ya,Bang? Bisa tolong bantu jelaskan?
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya ingin membalas apa yang saya tahu sedikit saya, Merapu adalah semacam Agama atau kepercayaan :)

      Delete